Masalah Kelistrikan pada Genset
Seperti juga pada mesin-mesin lain, mesin genset juga terkadang memiliki masalah. Yang sering terjadi berkaitan dengan kelistrikan genset yaitu masalah pada wiring kontrol mesin dan wiring kontrol generator. Saya mencoba untuk berbagi perihal penyebab dari kedua masalah tersebut. Bagi anda pengguna genset, wajib tahu informasi yang akan saya berikan ini. Semoga bermanfaat.
A. Masalah Wiring Kontrol Mesin & Penyebabnya
Battery Drop
Air accu kurang Charge altenator tidak bekerja,Mesin jarang dihidupkan
Start terlalu panjang, Battery diletakkan di lantai terlalu lama Solenoid Tidak Membuka
Fuse ada yang putus, Sambungan kabel kurang baik atau kendor
Relay tidak bekerja, Timer tidak bekerja, Solenoid rusakSolenoid Rusak
Start terlalu panjang (synchrostart), Tegangan battery rendah
Pemasangan solenoid salah.Tekanan Oli Goyang / Jarum Penunjuk Mentok
Sender oli kemasukan oli kotor, Sender oli putus atau rusak
Sambungan kabel ke meter putus atau kendor, Tegangan battery salahTemperatur Meter Goyang / Jarum Penunjuk Mentok
Sender temperatur retak, Sender oli rusak, Sambungan kabel putus atau kendor,Tegangan accu salahLampu Indicator Charge Menyala
Charge altenator menyala, Kunci kontak rusakStarter Berlangsung Lama / Tidak Mau Berhenti
Kunci kontak rusak, Relay untuk starter atau starter switch rusak (platina lengket), Crank pinion (bendit) rusak atau menyangkut flywheelAlarm Bunyi Terus
Mesin overheating, Mesin rendah tekanan olinya, Mesin overspeed (Jika dilengkapi), Relay atau timer ada yang rusakMesin Tiba-tiba Mati
Fuse kontrol mesin putus, Oil pressure switch bekerja (shutdown), Temperature switch bekerja (shutdown) Relay kontrol rusak, Solenoid atau EFC rusak, Ada masalah mesinRPM Mesin Tidak Bisa Tinggi
EFC tidak dapat power, Magnetic pick up tidak keluar sinyal, Setting run-speed pada EFC tidak ada sinyal, Actuator kotor atau macetRPM Mesin Hunting / Goyang
Setting stability terlalu rendah, Setting gain terlalu tinggi, Magnetic pick up kotor, Pengkabelan kurang bagus atau kendor, Beban naik turunRPM Mesin Droop
Setting droop pada EFC terlalu besar, Setting gain terlalu kecil
B. Masalah Wiring Kontrol Generator & Penyebabnya
Lampu Pilot Tidak Menyala
Tegangan tidak keluar, Fuse panel AC putus, Lampupilot rusakAmperemeter Tidak Menunjuk
Beban belum diberikan, Selector switch belum diputar, Kabel atau sambungan kurang bagus, Amperemeter rusak, Current transformer / CT rusakFrekwensi Tidak Tampak
RPM mesin kurang atau lebih tinggi dari skala, Tegangan terlalu kecil
Kabel atau sambungan kurang bagus, Fuse ada yang putus, Frekwensi meter rusakTegangan Tidak Keluar
RPM mesin kurang, Fuse ada yang putus, Selector belum diputar pada posisinya, Kabel atau sambungan kurang bagus, Voltmeter rusak
AVR belum disetel, AVR rusak.